Berita 2003

Jepang Bantu Rp 500 Miliar Atasi Banjir di Gorontalo

Suara Pembaruan, Senin, 30 Juni 2003

Sumber: http://mokarawo.netfirms.com/

MANADO, Suara Pembaruan Online- Pemerintah Jepang lewat Japan International Cooperation Agency (JICA) tahun ini memberikan bantuan sekitar Rp 500 miliar kepada Provinsi Gorontalo untuk mengatasi banjir di sekitar Danau Limboto. Gubernur Gorontalo Ir. Fadel Muhamad mengatakan kepada Pembaruan di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu pekan lalu, pihaknya sudah mendapat pemberitahuan dari pemimpin JICA di Jepang mengenai bantuan itu. “Tinggal kami akan menemui Presiden Megawati untuk menyampaikan hal tersebut,” katanya.

Ia optimistis tahun ini pemberian bantuan terealisasi karena sangat penting untuk mengatasi banjir di Gorontalo. Ia mengatakan, sudah sejak lama Danau Limboto meluap pada saat turun hujan lebat hingga mengenangi permukiman penduduk. Bahkan, kalau hujan lama banjir dari danau itu mencapai Kota Gorontalo. “Kami melihat warga menderita, karena itu kami mencari jalan keluar dengan mencari dana dan JICA ingin membantu,” kata Gubernur.

Fadel mengatakan, dengan pembangunan tanggul di sekitar Danau Limboto, pengerukan, serta penghijauan kembali, tidak akan terjadi lagi banjir di Gorontalo. Kemudian air Danau Limboto dapat digunakan untuk irigasi teknis mengingat areal sawah cukup luas di sekitar danau itu.

Berdasarkan catatan, Danau Limboto yang luasnya sekitar 8.000 hektare terus mendangkal. Bahkan, di beberapa bagian kedalamannya tinggal dua meter dan luasnya terus menyempit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: