Dephut

Danau Limboto

Sumber: http://www.dephut.go.id/

Luas Danau Limboto pada tahun 1993 adalah 3.222,5 ha dengan kedalaman rata-rata 1,8 m, sedangkan kapasitas volume danau mencapai 42.722.651,25 m3.

Pendangkalan yang sangat tajam membawa dampak negatif bagi masyarakat antara lain berupa banjir, kekeringan dan lain-lain. Upaya pelestarian Danau Limboto memerlukan pemikiran dan pendanaan yang besar, oleh karena itu diperlukan dana Pemerintah Daerah Tingkat I dan Pusat. Upaya pelestarian Danau Limboto pada dasarnya terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu sungai dan pengerukan danau. Kegiatan-kegiatan di sekitar danau akan ditata untuk menunjang pariwisata. Bagian yang kedua adalah penanganan daerah tangkapan airnya untuk menekan erosi, kegiatannya adalah pengamanan sumber air, sipil tehnis (chek dam, teras dll), penghijauan, reboisasi dan penyuluhan.

Untuk mempertahankan agar kondisi danau tetap lestari, maka Pemerintah Daerah telah menetapkan lima langkah yaitu :

  • Pelestarian sumber-sumber mata air.
  • Pembuatan dam pengendalian dan kantong mata air.
  • Pembuatan ring belt.
  • Pembuatan green belt.
  • Pengerukan danau.

Sebagai gambaran, luas DAS Limboto atau DAS Bone Bolango adalah 91.113,13 ha. DAS ini terdiri dari 4 sub DAS dengan rincian sebagai berikut :

Berdasarkan klasifikasi iklim menurut Koppen dalam Schdmit dan Ferguson, DAS Limboto mempunyai iklim yang bervariasi yaitu Afa, Ama dan Awa dengan curah hujan tahunan berkisar antara 1.722 mm s/d 2.722 mm, temperatur maksimum 37° C dan minimum 23° C selanjutnya, secara garis besar penggunaan lahan di DAS Limboto dapat dikelompokkan menjadi 11 kelompok yaitu sebagai berikut.

Berdasarkan data yang ada, luas penggunaan lahan di DAS Limboto didominasi oleh hutan 25,82 % dan ladang/tegalan 21,76 %. Rata-rata pengelolaan ladang belum menerapkan tehnik RLKT sehingga menyebabkan tingkat bahaya erosi tinggi dan terjadinya lahan kritis.

Status kawasan hutan di DAS Limboto adalah sebagai berikut :

One Comment on “Dephut”


  1. […] Dephut , misalnya, menyebutkan pada tahun 1993 kapasitas volume danau mencapai 42.722.651,25 m3. Berapa […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: