Danau Limboto Riwayatmu Dulu

Danau Limboto Riwayatmu Dulu

Sumber: http://www.facebook.com/photo_comments.

Danau Limboto Tahun 1997 di lihat dari Dermaga Pelabuhan Ikan Pentadio Dehualolo (Foto Karya Fadly Y.Tantu)

Danau Limboto dari tahun ketahun terus mengalami degradasi, enceng gondok terus berkembang, perairan danau berubah menjadi daratan dan terus meluas. Tahun 1975 saya masih sempat menyaksikan transaksi jual beli ikan payangga di pasar ikan Dehualolo, dan nelayan menambatkan perahu hanya berjarak beberapa meter dari Dermaga (Pasar). Tahun 1997 (22 tahun kemudian) saya menyaksikan nelayan hanya bisa menambatkan perahunya pada jarak kurang lebih 200 meter dari dermaga. Perairan danau berubah menjadi daratan yang di kapling-kapling menjadi kebun.

Tahun 2004 didaratan yang dikapling-kapling oleh masyarakat tersebut telah didirikan bangunan untuk pemukiman. Bagaimana perkembangan terkini?. Danau limboto berevolusi menjadi daratan dan pemukiman. Danau Limboto sedang menuju menjadi Danau MATI.

Danau Limboto riwayatmu dulu….? siapa yang peduli dan bagaimana solusinya?

Location: Dehualolo

Danny Rogi wrote at 10:42pm on January 17th, 2009:

Ka Fad..kalo eceng gondok di danau limboto..kira-kira kalo dibeking tinutuan, stoknya boleh mo buat berapa kampung yaa? bisa masuk muri tuh…🙂

Fadly Y.Tantu wrote at 11:49pm on January 17th, 2009:

Eceng gondok di danau limboto…. bikin gondok aja…. karena jadi sumber proyek……..yang sulit diukur tingkat keberhasilannya, Bung Danny coba inventarisir kegiatan proyek penyelamatan danau Limboto dalam 5 tahun terakhir kemudian cek proyek mana yang dinilai berhasil.

Untuk berantas enceng gondok di Danau Limboto “boleh jo…daun dan batang mudanya di bikin sayur …. di makan dengan baalobinthe (jadi makanan khas yang memiliki nilai konsevasi bagi danau”. Akar-akarnya di keringkan dan kemudian diolah menjadi suvenir (kerajinan anyaman, boneka, isi bantal hias ‘pengganti kapuk’, isi kasor, jok mobil) bisa juga diolah jadi pupuk organik untuk persawahan di Gorontalo ‘beras tanpa pupuk kimia’, dll. ………….

Enceng gondok di Danau Limboto hanya dapat diberantas dengan kreatifitas …… coba jo he he he.

Keke Titin Banteng wrote at 10:55pm on January 31st, 2010:

iya, ayo kita cari solusi untuk danau Limboto…

Slamet Aku wrote at 11:14pm on January 31st, 2010:

coba cek dibalai karantina hewan dan tumbuhan… skarang sdh diusahakan pembasmian secara biologis dan didatangkan dari danau amazone…sumber enceng gondok… semua danau , talaga n rawa (telaga benang) bermasalah dengan enceng gondok.. kecuali talaga air mata…heheh

Jefri Kadjudju wrote at 11:31pm on January 31st, 2010:

sdh banyak pejabat yg mengklaim itu punya dia ka

Aswar Machamba wrote at 7:05am on February 1st, 2010:

Kenapa yach …..eceng gondok tdk dibudidayakan skalian……

Dias Van Bulls wrote at 11:31pm on February 1st, 2010:

Kl cm enceng gondok yg dbrantas ga lama jg hbs, tp mslhx mbrantas warga yg sdh nyerobot k dlm aplg ada yg da buat rmh prmanen, ni slh siapa…?

Danny Rogi wrote at 3:24pm on February 3rd, 2010:

Minggu lalu, kita ke danau Limboto lagi, tepatnya mengunjungi museum pendaratan bung Karno di danau itu…..ck ck ck… dermaga tempat bersandar perahu disitu so ilang, berubah jadi lapangan sepak bola (futsal?)…. dapa sayang…😦

Susanty Syn Hemu wrote at 12:05pm on February 4th, 2010:

Sebenarnya bisa….. cm eksekutifx gak serius dan sungguh2. Danaunya kan terletak di2 wilayah adminsttf. jadi bisa dikeroyok sama2. Master planx udah ada, anggaranx katanya besar. Udah ada pemberdayaan masy yg dilakukan Japesda . Apalagi yg kurang?????? Soal eceng gondok, byk alternatif solusi yg ditawarkan. plg tdk, kita bsa belajar dari bentenan dan Tumbak yg sukses mengolah eceng gondok, trus bs jg belajar dari Masyk Tondano yg berhasil menjaga danaux. Bahkan bs mengembangkan tempat Wisata “Sumaro Endo” di tepi danau Tondano……

Susanty Syn Hemu wrote at 12:11pm on February 4th, 2010:

Kemarin, teman2 di Japesda sudah melakukan PENGGALANGAN DUKUNGAN PUBLIC

GERAKAN PENYELAMATAN DANAU LIMBOTO SEBAGAI PENYANGGA KEBERLANJUTAN HIDUP MASYARAKAT GORONTALO. Bahkan sdh sampai ke issu strategis serta pembahasan program. Kenapa bkn semangat itu aja yg dilanjutkan….

Dias Van Bulls wrote at 3:05pm on February 4th, 2010

Slama ini memang NGO tidak dipandang/dianggap, mungkin nanti laut so kering baru mo cari tu danau….

Keke Titin Banteng wrote at 4:07pm on February 4th, 2010:

kalo gitu bagaimana semangat yang ada kita lanjutkan, tidak usah berharap dari eksekutive apalagi legislative. Teman2 yg lebih mengerti ttg cara penanggulangan agar buatkan program penyelamatan Danau Limboto termasuk kebutuhan dana dan tahapan pelaksanakan, kalo sudah ada proposal lengkap dipublish di FB nanti kita coba mengambil peran masing2 untuk menyukseskan kegiatan ini. HARUS KITA MULAI DARI SEKARANG. Langkah pertama sangat menentukan.

Jullie Onchu Nasaru wrote at 8:59pm on February 4th, 2010

mantap ke’.. kalau bukan kita,, siapa lagi..????

Susanty Syn Hemu wrote at 9:35am on February 5th, 2010

blh jg. Nnt kt share ama tmn2 di japesda

——————–

Sumber: http://www.facebook.com/

Keke Titin Banteng:  January 31 at 10:50pm :

mari kita buat forum peduli Bulalo Limutu….

Fadly Y.Tantu;  January 31 at 10:53pm ·

setuju…..

Keke Titin Banteng;  January 31 at 10:59pm :

Mari kita cari solusi untuk Danau Limboto. ayo kita buat GERAKAN 10.000 rupiah UNTUK REHABILITASI DANAU LIMBOTO…tidak usah menunggu Dana dari Pemerintah… apalagi dari asing (hutang luar negeri lagi)…

Fadly Y.Tantu;  January 31 at 11:01pm ·

Atur jo,.. kita jadi tim ahli aja n penasehat gerakan, h h h

Keke Titin Banteng, January 31 at 11:04pm

Serius…

bikin tim aja, nanti saya bantu2 sosialisakan untuk Jakarta dan sekitarnya….

Iqbal Makmur;  February 1 at 3:34pm:

Riset saya punya hubungan dengan masalah ini, ada yang bisa share berapa luas danau yang ditumbuhi enceng gondok ini? Insya allah april saya pulang sebentar ke Indonesia dan ingin ambil bagian dalam pekerjaan ini..

Lisnawaty Monoarfa;  February 6 at 5:38pm ·

se7 bgt tin,kamu bagian jkt n jawa tin, nt d daerah bs tmn2 d gto, buat p iqbAL kt coba tinjau lg lokasi hamparan utk 2 wil kab gto n kota, nt sy infokan lg hasilx…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: