Menteri Negara LH

SAMBUTAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP

PADA KONFERENSI NASIONAL DANAU INDONESIA I :
PENGELOLAAN DANAU DAN ANTISIPASI PERUBAHAN IKLIM

Yth. Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Para Gubernur, Bupati, dan Walikota .

Para undangan dan peserta konferensi yang saya hormati

Assalamualaikum wr.wb
Om Swastiastu
Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama kami patut bersyukur hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di Bali ini dalam keadaan sehat wal afiat, untuk bersama-sama mengikuti acara konferensi nasional pengelolaan danau dalam rangka antisipasi perubahan iklim pada hari, besok dan lusa.

Hadirin yang saya hormati,

Kita hadir bersama dalam Konferensi Nasional danau ini karena mempunyai keprihatinan dan kepedulian yang sama terhadap berbagai tantangan, hambatan dan ancaman yang dihadapi dalam pemanfaatan danau secara berkelanjutan. Pencemaran air danau, kerusakan daerah tangkapan air dan okupasi atau perambahan lahan sempadan danau serta kejelasan kewenangan dan tanggung jawab pengelolaan danau merupakan isu permasalahan danau yang mengemuka yang harus segera dicarikan jalan keluar melalui suatu aksi tindak nyata di lapangan.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam skala dunia, danau telah menjadi prioritas (perhatian) global karena 90% air tawar dipermukaan bumi tersimpan di danau dan waduk.

Jumlah danau di Indonesia diperkirakan sebanyak 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ) yang dapat menampung 500 km3 air atau 72% dari total persediaan air permukaan di Indonesia. Dengan daya tampung air yang cukup besar tersebut, danau merupakan andalan sediaan air untuk sektor pertanian disamping fungsi danau lainnya seperti sumber air baku masyarakat, perikanan, PLTA, pariwisata dan lain sebagainya. Disamping multi fungsi danau tersebut, Indonesia memiliki kekayaan akan plasma nutfah ikan 25 % dari plasma nutfah dunia.

Namun keadaan ekosistem perairan danau di Indonesia kini cenderung mengalami degradasi karena kurangnya kepedulian, kesungguhan dan profesionalisme dalam pengelolaannya. Banyak diantara danau tersebut terancam keberadaannya karena terjadinya pencemaran dan kerusakan ekosistem danau akibat meningkatnya kegiatan manusia di perairan maupun daerah tangkapan airnya.

Bahkan beberapa danau type paparan banjir diperkirakan akan lenyap dalam 10 sampai dengan 25 tahun mendatang bila tidak dilakukan langkah-langkah penyelamatan, karena sedimentasi yang cukup berat seperti danau Tempe, danau Limboto di Sulawesi.

Hadirin yang saya hormati,

Memperhatikan kondisi danau yang sudah memperhatinkan tersebut, KLH dengan dorongan dari Komisi VII DPR RI telah mengajak instansi terkait lainnya serta pemerintah daerah yang memiliki danau untuk dapat merumuskan langkah-langkah aksi strategis dan sinergis pada danau-danau prioritas.

Pada tahap awal telah dipilih 9 Danau prioritas di 7 Provinsi yaitu Danau Toba, Singkarak, Maninjau, Rawa Pening, Batur, Tempe, Poso, Limboto dan Tondano sebagai percontohan pengelolaan. Dengan melihat potret permasalahan danau percontohan tersebut, maka diharapkan terdapat kesepakatan antar instansi terkait untuk merumuskan langkah bersama yang sinergis dan terpadu yang dituangkan dalam Deklarasi Bali.

Sebelum Deklarasi Bali tersebut ditandatangani, kami mengharapkan bantuan Saudara Menteri untuk dapat memaparkan arahan program program sebagai bahan penjabaran kegiatan aksi tindak mempertahankan, melestarikan, dan memulihkan fungsi danau dalam mengantisipasi perubahan iklim untuk menjaga ketahanan pangan serta mencegah bencana lingkungan. Setelah mendengar paparan Saudara Menteri, kami berharap, untuk dapat menandatangai Kesepakatan Bali tentang Pengelolaan Danau Berkelanjutan.

Atas kesediaan Saudara-saudara sekalian untuk menghadiri acara Konferensi yang padat dengan muatan dan pemakalah dari dalam dan luar negeri, kami ucapkan Terima kasih.

Wassalamuallaikum wr.wb
Om Santi Santi Santi Om

Sanur, 13 Agustus 2009.
Menteri Negara  Lingkungan Hidup.

Prof.Ir. Rachmat Witoelar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: