Pentadio Resort

Pentadio Resort

Sumber: http://hulondhalo.com/2009/05/pentadio-resort/

Pentadio Resort adalah salah satu obyek wisata andalan provinsi gorontalo. Kata Pentadio diambil dari bahasa gorontalo yang artinya pantai-danau, sedangkan kata resort diambil dari bahasa inggris yang berarti tempat istirahat. Dinamakan Pentadio karena resort ini berada di pinggir danau Limboto yang indah dan mempesona, dan mungkin resort ini juga terletak di desa pentadio kecamatan telaga biru kabupaten gorontalo. Pada awalnya, obyek wisata seluas 14 hektar ini telah diresmikan oleh Pemerintah Belanda sejak tahun 1928, yang ditandai dengan sebuah batu peringatan di sekitar pemandian air panas di kawasan obyek wisata ini. Sejak itu, masyarakat setempat menjadikan tempat ini sebagai saran rekreasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

cotage di pentadio resort

Melihat obyek wisata ini semakin ramai di kunjungi para wisatawan, baik lokal maupun manca negara pada tahun 2003 Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo merenovasi dan melengkapi obyek wisata ini dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang dapat memanjakan para pengunjung. Pembangunan obyek wisata ini dan fasilitasnya menghabiskan biaya sekitar 15 miliar rupiah yang diambil dari APBD Kabupaten Gorontalo. Pada tanggal 25 Fabruari 2004, obyek wisata ini di resmikan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) saat itu, Jusuf Kalla yang saat ini menjabat sebagai Waki Presiden RI.

Keistimewaan kawasan pentadio resort ini, para pengunjung dapat menyaksikan semburan mata air panas yang mengandung belerang. Dan dapat digunakan untuk merebus telur hingga matang. Para pengunjung juga dapat menikmati siraman mata air hangat yang cukup bermanfaat bagi kesehatan, terutama buat yang mengidap penyakit kulit. Disamping itu, kawasan ini dilengkapi juga dengan fasilitas bertaraf internasional dan dikelola secara profesional, sehingga para pengunjung dapat melakukan aktifitas santai lainnya dengan nyaman. Seperti mandi uap, mandi celup berenang di kolam air panas atau air dingin, memancing dan bersepeda air. Bagi pengunjung yang hobby menyanyi, dilokasi ini tersedia juga pub dan karaoke.

Fasilitas lain yang tersedia di kawasan ini adalah restaurant dan tempat parkir yang cukup luas. Bagi yang ingin menginap, tersedia cottage atau pondok – pondok kecil yang dilengkapi dengan fasilitas hotel seperti TV, Kulkas, AC, Springbed dan Kamar Kecil dengan desain yang menonjolkan nuansa tradisional khas gorontalo. Para pengunjung juga dapat membeli barang – barang cendera mata yang tersedia di toko – toko souvenir di kawasan obyek wisata pentadio resort.

Akses ke pentadio resort, dari bandara jalaluddin gorontalo menuju lokasi, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan roda empat maupun roda dua dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Dari pusat kota gorontalo hanya di tempuh sekitar 20 menit dengn menggunakan bentor

Berikut foto – foto yang dapat anda lihat seputar wisata pentadio resort gorontalo :

Pintu gerbang masuk pentadio resort

Fasilitas kolam renang bertaraf internasional

Lokasi sauna di pentadio resort

Restaurant yang ada di pentadio resort

Toko souvenir yang ada di pentadio resort

Pengen melihat peta Pentadio resort dari udara? Silahkan Anda klik di sini

Source : http://www.wisatamelayu.com
Foto : JulianurCom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: