I Love Limboto Lake

I Love Limboto Lake

Sumber : http://www.facebook.com/group.php?v=info&gid=88018238883

Ridwan Ibrahim, June 17, 2009 at 8:51am :

Selamat Datang teman-teman pencinta Danau Limboto. Semoga melalui grup ini kita bisa memberikan solusi terbaik bagi keselamatn dan kelestarian danau Limboto yang kita cinta. Amin!

Rhomy Handulusi, June 17, 2009 at 11:17am :

untuk melestarikan danau limboto bth keseriusan dr pemprov maupun pemda.smp skrg para pemimpn daerah tdk satupun yg serius untuk danau limboto.krna cm solusi yg byak kt dgr tp realisasi smp skrg blm ada.

Moh. Febianto Maku, June 17, 2009 at 11:32am :

Kl ada yg gagal atau tdk baik pasti yg disalahkan pemerintah.., padahal inti masalah kenapa danau limboto mulai dangkal sebanarnya ulah masyarakat sendiri, liat aja rmh2 mereka yg sdh masuk pada kawasan danau, trus terlalu banyak Karamba (tmpt pemeliharaan ikan) di danau, jd pasti jangan heran kalau danau semakin dangkal.

Jadi kalau kita mau melestarikan danau limboto kita harus mau dan berani mengusir para penduduk sekitar danau yg rmh mereka sdh masuk di area danau, nah.., persoalan siapa yg berani..??
Jika anda berani tolong bilang sama saya, nanti saya jamin anda menjadi ketua panitia pembongkaran rmh2 trsebut..

Ti Papa le Bilal, June 17, 2009 at 1:31pm

kalau dulu ada yang dapat KALPATARU karena menghijaukan hutan,mengalirkan air ke daerah kering,berhasil mengembangbiakkan habitat hewan atau tanaman yang hampir punah,kenap belum pernah ada yang dapat KALPATARU karena “menghidupkan” kembali DANAU LOMBOTO?
Kenapa harus pemerintah? kenapa harus masyarakat sekitar? kenapa harus berpolemik? kenapa tidak BERBUAT? kenapa bukan SAYA! Kenapa bukan ANDA! kenapa bukan KAMI! kenapa bukan KITA!

Ridwan Ibrahim, June 17, 2009 at 6:52pm:

Proses pendangkalan danau Limboto telah terjadi akibat sedimentasi, penyempitan danau dan penurunan muka air normal danau. Kondisi daerah cekung danau Limboto sangat dipengaruhi oleh struktur geologi yaitu berupa sesar. Upaya penanggulangan yang dilakukan yaitu secara fisik maupun sosial. Dengan memperhatikan keadaan alam dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendangkalan, diperikirakan danau Limboto di tahun 2020 tinggal kenangan. Tingkat kesadaran terhadap nilai pelestarian lingkungan pada masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang bermuaran ke danau Limboto perlu ditingkatkan (Hasil Penelitian DR. Ani Hasan)

Ramdan Mile, June 17, 2009 at 7:15pm

Kepedulian terhadap danau limboto harus lebiih ditingkatkan lagi. hal ini bukan hanya menunggu uluran tangan dari pihak pemerintah namun juga partisipasi masyarakat akan kelestarian danau limbotopun sangat perlu. bukan hanya masyarakat disekitar danau tersebut namun yang lebih utama adalah masyarakat yang berada disekitar hutan wilayah kab limboto agar kiranya dapat menjaga kelestarian hutan agar tidak terjadi penggundulan hutan yang akan mengakibatkan erosi dan pengikisan lapisan atas tanah yang mempengaruhi terjadinya pendangkalan pada danau limboto…caranya dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila ada yang melakukan perambahan hutan,pencurian kayu diwilayah tersebut. dalam rangka memperingati hrii lingkungan hidup ini marilah bersama-sama kita bergandeng tangan untuk melestarikan danau limboto..ayo…lestarikan hutan kita!!

Elvis Abdul June 18, 2009 at 10:57am :

Danau Limboto itu pasti bakal hilang, kenangan yang tertinggal hanyalah banjir dan genangan air rawa-rawa saja. ITU PASTI TERJADI !!!. Masalahnya sekarang tidak ada penanganan secara komprehensif. TINGGA TO HILA-HILA LIYO. Provinsi sendiri bekeng program, Kabupaten Gtlo sendiri programnya, Kota Gtlo sendiri, di tingkat nasional sandiri olo. Begitu pula dari organisasi kemasyarakatan dan Parpol.
Kalaupun ada program, persis perilaku eceng gondok, tumbuh sporadis. Jadi programnya insidentil alias sporadis. Jadi, kita tunggu saja daerah rawa-rawa bekas danau. Berikutnya banjir besar yang akan meratakan pusat kota Gorontalo, kecuali perkantoran di Botu yang tidak tegenang air, dan paling enak menikmati pemandanga banjir yg terjadi di bawahnya.
solusinya adalah semuanya harus bersatu (bo susah olo am menyatukan berbagai daerah administratif yg berbeda karakter olongiya-nya dan berbeda alur politik).
Baru, wololo pomikirangi utiiiii???. Wey, wololo oli mongoli ?

Ti Papa le Bilal, June 18, 2009 at 2:46pm :

Ada yang punya keinginan kuat untuk sama2 menjaga dan melestarikan danau limboto?
KITA BISA !!!

Ti Papa le Bilal, June 18, 2009 at 2:51pm:

Alhamdulillah sudah banyak teman2 yang bergabung,dari berbagai bidang.
dokter,aleg,wartawan,mahasiswa,dosen,ilmuwan,pns,masyarakat umum,agamawan..
satu pertanyaan,apakah cuma menjadi ajang wacana lewat FB?
kapan akan terwujud sebagai langkah kongkrit? kapan akan menjadi sebuah aksi?
Salam !

Yudin Salawali, June 21, 2009 at 11:01pm :

saya ingat ada lagu yang syairnya.. TOBULALO LO LIMUTU..bener ga om ridwan.. lupa saya..he..he

Ridwan Ibrahim June 21, 2009 at 11:39pm:

Iya betul om Yuddin… judulnya TO BULALO LO LIMUTU… ini syairnya om:

TO BULALO LO LIMUTU
TA HITAEYA TO BULOTU
TALUHU HI ILA-ILATA
O TINELA LO DULAHU

HUIDU TO TILI LIYO
BONGO MOYIDU DUNGIO
TATO PILOHALA HI BITHEYA
MA MOHALA POPEHU

BULALO LO LIMUTU
DILA TA OLIPATA’U
TETO HILA’U LALI TUWAU
WOLO TA ILO TOLI’ANGU’U

Utt Doank, June 22, 2009 at 12:04am · Report:

saya punya satu solusi untuk DANAU LIMBOTO………..
yg saya lihat konsepnya berhasil di wilayah jawa barat sono….
waktu itu saya kirimkan resumenya ke KONGRES INOVASI GORONTALO pada desember 2007 tp gk pernah dihiraukan brgkali…………krna inovasi yg ada hanya utk inovasi dibidang pemerintahan dan teknologi aja yg dibahas gk ada yg lain……… saya punya resume tentang :

PENGEMBANGAN POTENSI WISATA AGRO DALAM
PEMANFAATAN LIMBAH DAN PELESTARIAN DANAU LIMBOTO

klo ada wakil rakyat yg mau berjuang untuk melestarikan danau limboto, tolong ditampung aspirasi dri masyarakat bawah………jgn hanya kasih konsep yg gk mampu dilaksanakan oleh masyarakat……
saya rasa solusi ini bisa dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah.
dan biaya yg akan dikeluarkan hanya kecil….krn bisa swa kelola dgn masyarakat sekitar.

Ti Papa le Bilal, June 24, 2009 at 12:44pm

sudah mulai mengkristal om ridwan,tinggal kapan dan bagaimana kita mulai mewujudkan eksistensi grup ini 🙂

Ridwan Ibrahim, June 24, 2009 at 2:01pm:

Ok om rudy… nanti kita upayakan saat kita ngumpul di Gorontalo untuk membahas langkah-langkah yang akan kita upayakan. Terutama sekarang ini adalah mendukung upaya pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam upaya penanggulangan danau limboto… semoga teman-teman lain akan ikut serta… amin!

Ridwan Ibrahim, June 24, 2009 at 2:07pm

Hal yang paling utama adalah mendiskusikannya dengan teman-teman lain yang tergabung dalam grup “Selamatkan Danau Limboto” yang di promotori oleh Arbyn Med, Verrianto Madjowa dan Muhammad Djufyhard berserta kawan-kawan lainnya… Thanks

Ramdan Mile, June 25, 2009 at 4:11pm:

Pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelibatan masyarakat lokal dalam rangka pelestarian danau limboto adalah hal yang mendasar dan positif, dimana kesadaran kritis masyarakat dibangun dan dikembangkan, sehingga masyarakat dapat menjadi “sutradara” bagi dirinya sendiri dan dapat melakukan kontrol sepenuhnya terhadap pelestarian danau limboto…. I LOVE LIMBOTO LAKE….

Ti Papa le Bilal, July 2, 2009 at 1:47pm :

Om Tok (Totok Bachtiar) dan Pak Wawan (Rudi Irawan) mungkin bisa ngasih masukan konkrit apa yang bisa kita lakukan secepatnya?

Jismon Djakaria, July 6, 2009 at 3:30pm:

Kenangan lama melalui cerita nenek moyang, menjadi cita2 kita untuk danau limboto masa datang, aamiin

Sri Wahyuni Poduwa, July 9, 2009 at 9:10pm :

allowww…. pa kabar lbto?? slm kenal ya?…

Ramdan Mile, July 23, 2009 at 11:36pm:

nike baruuuuu…!!!!! ah jualan nike dulu ahhh…payangga so abiss.

Ti Papa le Bilal, August 2, 2009 at 6:51pm:

tida ada lg mangga ba’i, cuma ikan nila. Lama2 yg ada cuma enceng gondok. Hahaha..

Ti Papa le Bilal, August 2, 2009 at 6:55pm:

ayo,ayo. Kapan aksi sebenarnya?

Pipo Rukmana, November 7, 2009 at 12:08am :

Limßoto  riwayatmu kini… ayo benahi limboto sekarang..

Ramdan Mile, November 22, 2009 at 11:05am:

Akankah danau limboto hanya menjadi sebuah legenda bagi anak cucu kita nanti?
tahun 1930an..luas danau limboto ± 8000 ha dengan kedalaman ±30 meter…
tahun 1950an.. luas danau limboto ± 3000 ha dengan kedalaman ±8 meter…
saat ini……….. luas danau limboto ± 2000 ha dengan kedalaman ±2 meter.






Leave a comment