Budi Doku

Senator Budi Doku : 2025 Danau Limboto Tinggal Kenangan

Sumber: http://budi-doku.blogspot.com/ , 26 April 2010

Budi Doku saat meninjau danau Limboto di kabupaten Gorontalo

GORONTALO – Keberadaan Danau limboto yang semakin kritis mendapat perhatian serius Anggota DPD asal Gorontalo dr.Budi Doku. Dalam rapat pleno komite II DPD RI, Budi Doku memaparkan kondisi penanganan Danau Limboto membutuhkan penanganan serius.

Menurut Budi Doku, pada tahun 1932 kedalaman danau mencapai 30 meter dengan luas 7000 hektar. Namun saat ini kedalaman tinggal 2,5 meter dengan luas 3000 hektar. “Diperkirakan pada tahun 2025 danau Limboto akan lenyap di muka bumi apabila tidak segera diselamatkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Budi Doku menjelaskan, masalah yang dihadapi adalah pendangkalan dan penyusutan luas akibat erosi yang lebih kurang 23 anak sungai yang mengaliri. Selain itu perkembangan enceng gondok yang sangat massif hingga telah menutupi 30 persen danau. “Tolong diprioritaskan dalam rapat ini untuk diteruskan ke kementerian pekerjaan Umum.”

“Semua di sini pasti mengetahui danau limboto, karena ada dalam pelajaran sekolah dulu, di Jakarta ada nama Jalan danau Limboto, dan bagi rakyat Gorontalo danau Limboto selain objek wisata juga sebagai mata pencaharian nelayan,” sambung Budi Doku. Senator muda ini pun mengharapkan dalam Musrenbangda provinsi Gorontalo besok juga dimasukkan agar Danau limboto menjadi prioritas karena apabila Danau ini lestari bisa menjadi sumber energi listrik tenaga air.(Ass)

Kondisi Danau Limboto

Sumber: http://budi-doku.blogspot.com/, 18 Juli 2010

Budi Doku : Pendangkalan Danau Limboto yang semakin memprihatinkan, diharapkan segera mendapat perhatian pemerintah.

Leave a comment